Facebook Punah 10 Tahun Lagi

Facebook diambang kemerosotan?

Pelepasan saham IPO facebook yang berlangsung pada minggu yang lalu harusnya menjadi suatu hal yang membahagiakan dan monumental serta bisa menjadi titik balik lonjakan kemajuan facebook, namun yang berlaku justru sebaliknya, akibat adanya saham IPO tersebut, justru kebobrokan facebook mulai perlahan terkuak, karena ternyata sahamnya terus melemah dan facebook diancam untuk digugat kepengadilan karena makin lemahnya saham mereka yang tentu mengakibatkan kerugian besar bagi para investor

Para investor menilai, facebook tak transparan dalam membeberkan perkembangan situsnya, karena itulah mereka menganggap layak untuk menggugat facebook.

Belum selesai dengan masalah saham dan isu gugatan hukum, facebook juga kembali diguncang isu teknis karena pada hari jum'at 2 Juni yang lalu facebook juga dipusingkan oleh masalah teknis yang menyebabkan layanan mereka tak dapat diakses selama beberapa jam oleh sebagian penggunanya yang tersebar di seluruh dunia.

Banyak pihak yang menyatakan bahwa peretas berada di balik itu semua, namun, perwakilan dari peretas yang cukup terkenal, anonymous menyangkal itu, mereka tak mungkin menyerang situs jejaring sosial yang membantu orang menyebarkan informasi.

Mungkin memang benar pendapat beberapa analis jika facebook sedang berada di ambang kemerosotan, mulai dari banyaknya user yang berpindah ke lain hati (pindah social network) hingga makin jarangnya orang masuk (log-in) ke facebook. Seperti yang mark zuckerberg pernah katakan, bahwa keuntungan mereka yang pernah melonjak hingga 80 % tak mungkin bertahan jika tak ada percikan2 kreativitas dari para karyawannya.

Saran agar facebook tak bangkrut versi radio-hrd.blogspot.com

1. Jangan terlalu idealis terhadap penempatan iklan.

Selama ini facebook cukup idealis dalam menempatkan iklan, yakni di sebelah kanan sidebarnya, coba sesekali facebook bereksperimen mengubah posisi iklannya hingga makin banyak traffic yang high quality dan targeted mengalir ke website/fanpage pengiklan

2. Monetasi program mobile

Seperti yang ramai diberitakan, kalau facebook membeli instagram dengan harga yang fantastis, disitu facebook bisa bereksperimen kreatif mengenai monetasi apa yang dibutuhkan olehnya

3. berdayakan facebook mobile

Kita semua tau, kalau kini perangkat mobile juga salah satu perangkat yang signifikan dapat digunakan mengunjungi sebuah website, termasuk facebook, facebook bisa manfaatkan fenomena ini dan melakukan monetasi yang berimbang didalamnya

4. Tidak semua orang suka perubahan

Karena itu, dalam melakukan perubahan-perubahan, terutama perubahan tampilan, facebook harus memberikan fitur optional kepada penggunanya, seperti misalnya tampilan timeline yang kurang begitu di sukai, facebook harusnya lebih memprioritaskan pilihan pengguna ketimbang memaksakkan otoriterisme dirinya

5. Program game? dimana gaungnya?

Salah satu alasan orang memiliki akun facebook adalah karena facebook memiliki applikasi game yang bisa dijalankan melalui facebook, mengapa program ini seolah dilepas begitu saja dan tak diberdayakan lagi? kemana gaung farmville atau ninjasaga dan lain-lain itu?

Sebagai catatan, game facebook jangan terlalu jenuh memenuhi pasaran usia tertentu, misalnya anak-anak dan ABG saja. Karena pengguna facebook beragam, maka berdayakanlah keragaman itu.


--TJ / Jurnalist Radio HRD--

 
Artikel By: http://dharla-ferdana.blogspot.com/2011/01/cara-membuat-berita-berjalan-di-blog.html#ixzz1z3VDsmnj