Apakah Solfeggio itu ?

Apakah Solfeggio itu ?

Suatu kemampuan indera pendengaran yg dimiliki seseorang untuk mem'bayangkan' & dapat mencerna suatu nada dengan ketelitian yg lbh dalam. Solfeggio atau keBANYAKan orang bilang Solfes, bisa diaplikasikan dengan menggunakan instrument & ada yg tanpa instrument, nah khusus yg ini 'amat sangat terlalu paling' SULIT, krn menebak/menganalisa suatu nada tanpa instrument itu bagi keBANYAKan musisi adalah suatu hal yg LuarBiasa ampuhnya. Apakah Solfes itu bs diajarkan ? BISA ! Bagaimanakah langkah"nya ? berikut sy berikan cara"nya menurut sy :

1. Tebak alunan nada dengan 'membayangkan'. Akan lebih baik jk nada tsb membentuk pola Arpeggio.
2. Cobalah menebak TANPA menggunakan media/instrument apapun. Misal : Cari Lagu yg belum anda kenal, lalu tebak nada/chordnya jatuhnya di apa. lalu tulis di kertas/notepad, kemudian Putar lagu tsb dari awal & maenkan chord tsb dgn instrument anda di waktu yg bersamaan.
3. Anda HARUS menyukai musik MultiGenre, jk anda hanya mengenal Genre yg disuka aja itu sangat sulit utk mempelajari Solfes.
4. Akan lbh baik jk langkah" tsb dipraktekkan di tempat yg hening, jadi anda bisa berkonsentrasi dengan lbh nyaman.

* Bagaimana SYARAT utama seseorang itu dapat dikatakan memiliki kemampuan Solfes ?

1. Jika dia bisa menebak alunan Lagu TANPA menggunakan instrumen apapun :)
2. Dia HARUS bisa menebak Lagu MULTI GENRE, bukan ALL GENRE krn itu sangat mustahil & bukan hanya di Genre yg dia sukai saja :)

* Genre yg diSARANkan utk mempelajari Solfes.
Jk anda BUKAN penganut Genre ini, lbh baik anda lepas dulu Idealis anda sbg penganut Genre anda & pelajari Genre berikut ini : Classic, Kroncong, Jazz.

* Kelemahan Solfes.

Ya yg namanya meNEBAK itu pasti ada jg kelemahannya, misalkan nada/chord yg di tebak nyrempet/beda & itu menurut sy adalah WAJAR, krn seseorang itu mencoba menganalisa suatu Lagu TANPA menggunakan instrument/media apapun.

* Tingkatan indera pendengaran.
Berikut ini adalah pengKlasifikasian menurut sy :

1. Solfeggio/Solfes : Kemampuan menebak alunan Nada/Chord pd suatu Lagu TANPA menggunakan Instrument apapun & TANPA pernah mengenal Lagu itu sebelumnya.
2. Insting : Kemampuan menganalisa alunan Nada/Chord pd suatu Lagu, dengan menggunakan instrument/media, saat itu juga.
3. Feeling : Di tahap ini, manusia hanya bisa merasakan efek suatu alunan Nada/Chord lagu, untuk memperkuat pendengarannya msh dibutuhkan suatu latihan yg lbh baik & memakan cukup/banyak waktu.

Salam

--TJ / Jurnalist Radio HRD--

 
Artikel By: http://dharla-ferdana.blogspot.com/2011/01/cara-membuat-berita-berjalan-di-blog.html#ixzz1z3VDsmnj