Tugas Seorang Manager Band

Tugas seorang manager band di setiap pertunjukan ialah mengorganisasikan dan menjamin semua berjalan sesuai rencana, pada intinya adalah itu, tetapi dalam setiap hal lain masih banyak lagi, berikut ini adalah tugas penting seorang manager band:

 

Merencanakan

Salah satu tugas Manager Band adalah untuk merencanakan, mengawasi pembangunan dan juga eksekusi akhir dari pembangunan stage/panggung. Kalau ga ada manager band panggungnya ga bakal berdiri tegak.

 

Pengoperasian Peralatan

manager band ternyata juga harus tahu banyak soal pengoperasian stage sound, lighting, dan sistem rigging (kalau pakai). Selain itu juga butuh tahu pengetahuan soal teknis dan juga praktek stage managemen yang aman.

 

Jadwal

Ini yang paling 'ribet' dalam kerjaan seorang manager band,apalagi kalau bukan ngatur jadwal. Mulai dari jadwal latihan sound check, ngurusin soundcheck sampai ngurus jadwal manggung yang biasanya bisa jadi sangat memusingkan.

 

Mengatur

Manager Band ternyata juga kudu jago mengatur. Salah satunya adalah ngatur jalannya pertunjukan dalam festival musik. Mulai dari lighting dan sound cues yang sesuai dengan permintaan dan lagu tiap artis sampai apa efek special yang diperlukan, kesemuanya harus diatur dengan rapih oleh Manager Band.

 

Artist Relations

 

Apa itu Artist Relation

Tugas utamanya apalagi kalau bukan berhubungan sama artis/musisi yang pendukung. Tugasnya mungkin sekilas kelihatan gampang banget, tapi ternyata nggak segampang kedengerannya. Soalnya yang namanya berhubungan dengan artis dan jadwal mereka pastilah ada ribet-ribetnya. Buat seorang artist relation, punya pribadi yang bagus bisa nambah poin plus.

 

Keahlian Komunikasi

Yang dibutuhkan untuk sukses disini adalah keahlian komunikasi yang prima. Bukan punya kemampuan menguasai 5 bahasa sekaligus, tapi lebih ke cara komunikasi antar pribadi. Harus bisa tu yang namanya memulai percakapan duluan, ramah, kalau bisa sih juga harus jago negosiasi dan bisa ngebangun suasan yang enak sama para artis.

 

Koordinasi

Ini lumayan penting buat kerjaan Artist Relation, kalau bisa dibilang kerjaan sebagian besar emang melakukan koordinasi dan terus berhubungan dengan managemen artis untuk ngatur jadwal mereka selama event. Jadwal disini maksudnya mulai dari jadwal kedatangan, akomodasi sampai jadwal manggung mereka. Disini kadang kesabaran hati seseorang kadang benar-benar teruji, karena pasti ada aja yang salah.

 

Yang Nggak Boleh Lupa

Jadwal! Jadwal! Jadwal! Ini musti jadi pegangan untuk para artist relation, apalagi kalau lagi sibuk ngurusin siapa yang bakal manggung kapan, ngurusin siapa nginep di kamar nomer brapa dan siapa yang harus check sound atau ngajar di music clinic. Kalau udah gini harus bisa kerja dibawah tekanan besar dan tetap tenang kalau kebetulan ada masalah.

 

Assistant Promotor

Apa itu Assistant Promotor

Kerjaan Promotor biasanya terfokus di aspek-aspek dalam bisnis seni, dalam hal ini tentunya seni dalam bentuk musik : Disini fungsi Assistant Promotor adalah membantu promotor dalam segala aspek pekerjaan seperti dalam bidang marketing dan melakukan kegiatan korespondensi, tawar-menawar honor, penandatanganan kontrak, menjalin kerja sama dengan sponsor, dan sejumlah pekerjaan lainnya yang sudah harus dimulai beberapa bulan sebelum acara sebenarnya berlangsung.


Negosiasi

Well secara nggak langsung Assisten promotor membantu promotor juga dalam proses negosiasi yang didalamnya menyangkut kontrak kerja dan bisnis. Apalagi kalau yang udah berhubungan dengan Venue. Nemuin venue yang tepat untuk menggelar festival/konser bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi kalau di daerah. Karena memang nggak banyak tempat di Indonesia yang cocok untuk pagelaran musik besar. Selain itu juga harus bisa mendapatkan peralatan dan perlengkapan pertunjukan yang sesuai dengan keinginan artis. Sering terjadi promotor harus menghubungi perusahaan penyedia (biasa disebut supplier) peralatan dan perlengkapan panggung di luar negeri.

 

Finansial

Promotor meng-cover biaya pelaksanaan konser. Kadang kala promotor mendapatkan uang untuk mengadakan festival dengan mencari pihak lain untuk bagi hasil (share the profit). Tapi sering juga pihak promotor ini berdiri sendiri dan mengambil keuntungan dari tiket dan sebagainya.

 

Manajemen

Promotor memanajemen detail dari tour dan performance kelangsungan acara yang dipegangnya

 

Pengalaman

Vital untuk seorang assistant promotor punya basic yang kuat dalam masalah sales. Pengalaman sales apapun bisa berguna, terutama soal masalah pitching proyek. Pengalaman yang berkaitan sama industri musik juga penting, terutama dalam hal promosi. Assistant Promotor yang oke harus punya kemampuan komunikasi verbal yang bagus, persuasif dan socially outgoing.

 

Mengetahui dan Memahami Bandnya

Seorang manager harus mengetahui segala sesuatu tentang bandnya, apa kekurangannya dan apa kelebihannya. Manager harus mampu mencari jalan keluar untuk mengurangi kekurangan dan memanfaatkan kelebihan yang ada, dan kemudian mengolahnya hingga menjadikan band tersebut berkualitas.

 

Mendapatkan Event / Gig

Sebuah band yang tidak mempunyai jadwal panggung jangan berharap baskemnya bisa dipenuhi para fans, akun grup facebooknya di "like" oleh banyak orang, akun twitternya di follow oleh para penikmat musik, atau mungkin berharap bisa terkenal dari kecanggihan teknologi internet saat ini. Penonton pasti menginginkan bukti dari penampilan live kalian. Seorang manager harus mempunyai koneksi dan berteman baik dengan promotor, EO, pengelola tempat biasanya diadakannya acara, atau koneksi lain yang bisa membantu kemajuan band.

 

Mengurus Pembukuan

Faktor bayaran bisa menjadi hal yang sensitif untuk dibicarakan. Saat ini banyak band bagus yang mau manggung demi sebotol air mineral dan snack yang diberikan panitia, strategi itu mungkin bagus untuk promosi awal namun jangan sampai band kamu jadi band seharga air mineral. Seorang manager harus tahu berapa harga bandnya dan harus bisa menjadi negosiator yang ulung. Dari Bayaran yang didapat, manager harus bisa mengelola keuangan untuk promosi, merchandise dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan kemajuan band.

 

Pemasaran dan Promosi

Uang yang didapatkan dari manggung harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh manager. Salah satu kebutuhan yang paling penting adalah untuk pemasaran dan promosi. Mungkin dengan membagikan stiker, kaos, ataupun CD album bisa menjadi media yang efektif, selain itu media internet seperti facebook, twitter, Myspace dan lain-lain juga bisa dimanfaatkan oleh manager untuk memasarkan dan mempromosikan bandnya.

 

Menjalin Koneksi Dengan Orang-orang Penting

Berkoneksi dengan orang-orang penting adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah band. Seorang manager yang baik selalu mencari peluang untuk mencari koneksi untuk mempromosikan band-nya. Misalnya jika seorang manager mempunyai teman yang bertanggung jawab di sebuah organisasi/perusahaan dan dia bisa mengatur sebuah pertunjukan musik dengan imbalan yang sesuai, maka seorang manager harus tahu bagaimana cara bersahabat yang baik dengan koneksinya.

 

Menjaga Perdamaian dan Kestabilan

Manager juga mempunyai tanggung jawab yang cukup berat diluar jobdes (job description) wajibnya, yaitu menjaga perdamaian dalam band dan management-nya. Seorang manager harus bisa menjadi wasit di sebuah perselisihan besar ataupun kecil, selalu menjaga energi postif dan mampunyai solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah yang ada agar perjalanan menuju kesuksesan tidak terhambat.

Semoga Bermanfaat


-Jurnalis Radio HRD-

 
Artikel By: http://dharla-ferdana.blogspot.com/2011/01/cara-membuat-berita-berjalan-di-blog.html#ixzz1z3VDsmnj